LAPORAN BEDAH BUKU
Nama penulis : DR. H. Hendra Sofyan, M.Si
Judul lengkap : Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara
Praktis Peningkatannya
Penerbit : CV. Infomedika
Tahun terbit : 2015
Edisi :
cetakan ke-2, September 2015
Jumlah
halaman : 284 halaman
SINOPSIS BUKU
Buku ini
ditulis di ilhami dari sulitnya mahasiswa, guru-guru PAUD (guru TK, RA, Play
Group) dan pemerhati PAUD serta akademisi untuk mendapatkan literature tentang peningkatan
perkembangan Anak Usia Dini, menyusun dan merancang Rancangan Kegiatan Mingguan
dan Rancangan Kegiatan Harian yang berorientasi pada aspek perkembangan yang
akan ditingkatkan di taman kanak-kanak khususnya di PAUD umumnya.
Buku ini
disusun sebagai pengalaman teoritis dan empirik penulis semenjak mengenal
pentingnya pendidikan anak usia dini yang akan menjadi pondasi kuat dan penting
bagi masa depan bangsa Indonesia, dan program pemerintah Indonesia yang
mengharapkan Anak Usia Dini saat ini yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia
ini. Buku ini bermanfaat sebagai pegangan mahasiswa jurusan Pendidikan Anak
Usia Dini, dosen, guru-guru PAUD serta orangtua yang terlibat secara langsung
atau tidak langsung dalam Pengasuhan Anak Usia Dini.
DAFTAR ISI BUKU
SEKAPUR SIRIH
KATA PENGANTAR
HALAMAN PERSEMBAHAN
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A. Tujuan Pembelajaran
B.
Relevansi
C. Penggunaan Isi Buku
BAB II. HAKIKAT
DAN LANDASAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
1)
Pengertian
Perkembangan Anak Usia Dini
2)
Prinsip
Perkembangan
3)
Teori Aspek
Perkembangan
a)
Perkembangan
Aspek Motorik
b)
Perkembangan Aspek Bahasa
c)
Perkembangan Aspek Sosial-emosi
d)
Perkembangan Aspek Kognitif
e)
Perkembangan
Aspek Moral
BAB III . ANAK USIA DINI
1) Cara Belajar Anak Usia Dini
2) Pengertian
Bermain
3) Belajar Melalui
Bermain
4)
Pengaruh Bermain Bagi Perkembangan Anak
5)
Hakikat Anak Usia Dini
6)
Landasan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini
BAB IV. PENDEKATAN TEMATIK
1) PengertianTema
2) PrinsipTema
3) Pengertian PembelajaranTematik
4) Landasan PembelajaranTematik
5) Arti Penting PembelajaranTematik
6) Karakteristik PembelajaranTematik
7) Langkah Pengembangan dan Pemilihan Tema
8) Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
BAB V. PELAKSANAAN KBM DI TAMAN KANAK
KANAK
1)
Kegiatan
baris berbaris
2)
Kegiatan
Pembukaan
3)
Kegiatan
Inti
4)
Kegiatan
Makan
5)
Waktu
istirahat
6)
Kegiatan
Penutup
BAB VI. PENINGKATAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN
KAITANNYA DENGAN PTK
A. Tujuan
B. Tempat dan
Waktu Penelitian
C. Metode dan
Desain Intervensi Tindakan –Siklus
D. Tahap
Intervensi Tindakan
E. Subjek yang
Terlibat dan Posisi Peneliti
F. Hasil
Intervensi Tindakan yang Diharapkan
G. Data dan
Sumber Data
H. Instumen
I.
Teknik Penyajian Data
J.
Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data
K. Analisis
Data
BAB VII. RENCANA KEGIATAN HARIAN
1) Persiapan Mengajar (RKH)
a)
Tema Binatang Buas (Harimau)
b)
Tema Binatang Peliharaan (Kucing)
c)
Tema Binatang Ternak (Ayam)
d)
Tema Binatang Air Tawar (Ikan Lele)
e)
Tema Binatang Beranak (Kambing)
f)
Tema Binatang Peliharaan (Burung)
g)
Tema Binatang Buas (Buaya)
h)
Tema Binatang Ternak (Kerbau)
i)
Tema Binatang Mamalia (Gajah)
j)
Tema Binatang Beranak (Kalelawar)
k)
Tema Binatang Air Laut/Tawar (Kura- Kura)
l)
Tema Binatang Peliharaan (Kelinci)
2) Kaitan Antara tema Dengan Perkembangan Anak Untuk
16 Kali Pertemuan
BAB VIII. ALAT UKUR PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A. Petunjuk Pelaksanaan
B. Alat Ukur
C. Cara Mengolah
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG
PENULIS
Sesuai
dengan judulnya, buku ini memaparkan tentang perkembangan anak usia dini dan
cara praktis peningkatannya. Dari buku ini kita dapat memperoleh banyak sekali
pengetahuan yang bisa kita terapkan dalam mendidik anak. baik itu kita sebagai
seorang pendidik, calon pendidik maupun sebagai orang tua, karena dalam buku
ini mengupas hal-hal yang menjadi dasar dalam pendidikan anak usia dini.
Buku
ini terdiri dari 8 bab yang memuat pendahuluan, hakikat dan landasan perkembangan
anak usia dini, anak usia dini, pendekatan tematik, pelaksanaan KBM di Taman
Kanak-kanak, peningkatan perkembangan anak usia dini dan kaitannya dengan PTK, Rencana
Kegiatan Harian (RKH), serta alat ukur perkembangan anak usia dini. Kesemua
pokok bahasan ini dibahas secara apik agar kita sebagai orang tua, pendidik
maupun mahasiswa dapat memahami apa-apa saja konsep yang sebenarnya tentang
anak usia dini, perkembangan anak usia dini maupun proses pembelajaran anak
usia dini.
Kelebihan buku
- Covernya menarik sehingga menimbulkan minat untuk membaca
- Dari segi kertas atau percetakannya baik dan memadai, tulisannya jelas sehingga mata tidak cepat lelah
- Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana dan bahasa yang mudah dimengerti
- Penulisan buku merujuk dari berbagai teori dan pendapat ahli sehingga memperkaya pengetahuan pembaca
- Pembahasan tentang pendidikan anak usia dini diulas dengan lengkap sehingga dapat menjadi pedoman orang tua maupun pendidik dalam melakukan tugasnya sebagai orang tua dan pendidik
- Terutama untuk guru ataupun calon guru di sekolah buku ini dapat dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran karena dalam buku ini memuat hal-hal yang diperlukan guru atau calon guru dalam proses pembelajaran nantinya, seperti tema-tema pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, rencana kegiatan harian sampai ke alat ukur perkembangan anak.
- Dan yang tak kalah pentingnya dalam buku ini juga memuat contoh penelitian tindakan kelas yang sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa dan guru. PTK dalam buku ini dapat dijadikan pedoman atau contoh yang dapat memudahkan mahasiswa dan guru dalam melakukan penelitiannya.
Kekurangan buku:
Secara
umum buku ini telah membahas secara lengkap tentang perkembangan anak usia dini dan cara
praktis peningkatannya, pada bab II dengan subbab a. Cara belajar anak usia
dini, b. Pengertian bermain, c. Belajar melalui bermain, d. Pengaruh bermain
bagi perkembangan anak, e. Hakikat anak usia dini, dan f. Landasan penyelenggaraan
anak usia dini. Alangkah baiknya disusun
dengan meletakkan poin hakikat anak usia dini pada awal subbab baru setelahnya
subbab cara belajar anak usia dini setelah itu baru diikuti oleh subbab yang
lainnya sesuai dengan urutannya. Peletakan subbab tentang hakikat anak usia
dini diletakkan diawal agar sebelum membaca/mengetahui cara belajar anak usia
dini pembaca terlebih dahulu mengetahui/membaca tetang hakikat anak usia dini.
Selain
itu perlu juga diperhatikan sistematika penulisan seperti ukuran huruf catatan
kakinya, seperti catatan kaki yang terdapat pada halaman 11, 18, dan 32.
Demikianlah
bedah buku perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya mohon
maaf bila ada kekurangan karena keterbatasan ilmu yang kami miliki dan disini
kami juga masih dalam proses belajar.