Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis
Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3-4 tahun
sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini,
anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara.
Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas
coba-coba secara langsung. Dalam pembelajarannya kita tidak membebani anak dengan aplikasi aplikasi yang tidak bisa dicerna anak, karena usia anak masih dalam
taraf usia bermain, anak belajar seraya bermain, sebaiknya kita menggunakan
aplikasi yang disenangi anak dan mengandung nilai pendidikan misalnya dengan
memberikan anak memainkan game edukatif yang disenangi oleh anak.
Pada
pemberian permainan game edukatif semua aspek perkembangan anak dapat
berkembang dengan baik. Misalnya pada
permainan angka, menggambar, mewarnai, maupun alfabet. Disini anak bermain
sesuai dengan imajinasinya, misalnya pada permainan menggambar dan mewarnai,
anak dapat membuat gambar sesuai dengan kreativitas dan imajinasiny. Tentunya
banyak aspek perkembangan anak yang dapat berkembang seperti :
- kognitif dimana Anak mampu mengekspresikan keinginannya dengan menggunakan pola pikirnya, kemampuan dan minatnya dalam membuat suatu gambar,
- seninya juga berkembang dimana anak sekreatif mungkin membuat gambar dan mewarnainya,
- emosionalnya juga dapat dimana anak mampu mengekspresikan perasaannya dalam membuat gambar tersebut dan menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karyanya.
- sosialnya juga dapat berkembang dimana anak dapat bekerjasama dengan temannya dalam pembuatan gambar dan mewarnainya,
- bahasa anak juga dapat berkembang dimana anak mampu menceritakan isi gambar yang ia buat.
- Nilai agamanya juga dapat berkembang dimana orang tua atau guru dapat membimbing anak sebelum dan sesudah memainkan permainan hendaklah membaca doa terlebih dahulu
- motorik halus anak juga dapat berkembangan dimana Anak mampu menggambar bebas dengan media mouse yang ada di komputer/laptop dan mampu membuat berbagai macam coretan pada saat meggambar.
Selain
memberi dampak positif, computer pada pembelajaran anak usia dini juga dapat
memberikan dampak negative, misalnya anak tidak mau lagi bersosialisasi dengan
lingkungan sekitarnya karena ia lebih memilih bermain komputernya. Selain itu
orang tua ataupun guru harus senantiasa mengawasi aplikasi aplikasi yang
digunakan anak. Jangan sampai aplikasi yang seharusnya tidak anak gunakan, tapi
ia malah menggunakannya.
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan hendaklah
para orang tua dan guru pendidikan anak usia dini memberikan pembelajaran
computer pada anak. Karena disamping anak memainkan computer sebagai hiburan
atau sebagai alat permainan anak, juga dapat mengembangkan berbagai aspek
perkembangan pada anak yang telah dijelaskan diatas. Dan tentunya anak
memainkan computer berada dibawah pengawasan orang tua maupun guru agar menggunakan aplikasi yang sesuai dengan tahap perkembangan serta bakat dan minatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar