:)

Perkenalkan Nama Saya Titin Kusayang,Saya Kuliah di Universitas Negeri Padang. Pernah Bersekolah Di SD 299/III Kumun Mudik, MTsN Model Sungai Penuh, Dan SMAN 4 Sungai Penuh. Semoga Postingan Saya Bermanfaat Untuk Anda.

Jumat, 30 November 2012

Artikel perlunya pembelajaran komputer untuk anak usia dini saat ini



Mungkin kita semua pernah mendengar bahkan mengetahui lirik sebuah lagu yang berbunyi “belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu”, yang dapat diartikan bahwa jika kita belajar diwaktu kecil, maka ilmu yang kita dapatkan akan mudah kita ingat. Berbeda dengan jika belajar diwaktu dewasa maka kita akan mudah lupa dengan apa yang kita pelajari. Begitupun dengan belajar computer, sebaiknya kita membelajarkan computer pada anak sejak usia dini karena anak akan mudah mengingat apa yang kita belajarkan kepadanya.


Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3-4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung. Dalam pembelajarannya kita tidak membebani anak dengan  aplikasi aplikasi yang tidak bisa  dicerna anak, karena usia anak masih dalam taraf usia bermain, anak belajar seraya bermain, sebaiknya kita menggunakan aplikasi yang disenangi anak dan mengandung nilai pendidikan misalnya dengan memberikan anak memainkan game edukatif yang disenangi oleh anak.
           
 Pada pemberian permainan game edukatif semua aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik.   Misalnya pada permainan angka, menggambar, mewarnai, maupun alfabet. Disini anak bermain sesuai dengan imajinasinya, misalnya pada permainan menggambar dan mewarnai, anak dapat membuat gambar sesuai dengan kreativitas dan imajinasiny. Tentunya banyak aspek perkembangan anak yang dapat berkembang seperti :
  • kognitif dimana Anak mampu mengekspresikan keinginannya dengan menggunakan pola pikirnya, kemampuan dan minatnya dalam membuat suatu gambar,
  • seninya juga berkembang dimana anak sekreatif mungkin membuat gambar dan mewarnainya,
  • emosionalnya juga dapat dimana anak mampu mengekspresikan perasaannya dalam membuat gambar tersebut dan menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karyanya.
  • sosialnya juga dapat berkembang dimana anak dapat bekerjasama dengan temannya dalam pembuatan gambar dan mewarnainya,
  • bahasa anak juga dapat berkembang dimana anak mampu menceritakan isi gambar yang ia buat.
  • Nilai agamanya juga dapat berkembang dimana  orang tua atau guru dapat membimbing anak sebelum dan sesudah memainkan permainan hendaklah membaca doa terlebih dahulu
  • motorik halus anak juga dapat berkembangan dimana Anak mampu menggambar bebas dengan media mouse yang ada di komputer/laptop dan  mampu membuat berbagai macam coretan pada saat meggambar.
            Selain memberi dampak positif, computer pada pembelajaran anak usia dini juga dapat memberikan dampak negative, misalnya anak tidak mau lagi bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya karena ia lebih memilih bermain komputernya. Selain itu orang tua ataupun guru harus senantiasa mengawasi aplikasi aplikasi yang digunakan anak. Jangan sampai aplikasi yang seharusnya tidak anak gunakan, tapi ia malah menggunakannya. 

            Dari uraian diatas dapat  disimpulkan hendaklah para orang tua dan guru pendidikan anak usia dini memberikan pembelajaran computer pada anak. Karena disamping anak memainkan computer sebagai hiburan atau sebagai alat permainan anak, juga dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak yang telah dijelaskan diatas. Dan tentunya anak memainkan computer berada dibawah pengawasan orang tua maupun guru agar menggunakan aplikasi yang sesuai dengan tahap perkembangan serta bakat dan minatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar