1.
Pengertian konsep diri
·
Menurut willson james,gilmore(1997)
Konsep diri adalah
pendapat sesorang tentang diri atau pemahaman seseorang tentang dirinya,baik
menyangkut dirinya/aslinya yang bersifat materil.
·
Menurut gage dan bliner (1978)
Mengemukakan konsep diri
sebagai keseluruhan atau totalitas dan penerapan yang dimiliki seseorang
terhadap dirinya,sikap dan seluruh gambaran diri.
·
Menurut penily (1984)
Konsep diri sebagai sistim
yang dinamis dan komplek dari keyakinan yang dimiliki seseorang tentang
dirinya, termasuk sikap, persaan, kepercayaan, perspesi nilai-nilai dan tingkah
laku yang unik dari individu tersebut.
·
Menurut esptein bram (1975)
Konsep diri sebagai
pendapat/perasaan seseorang tentang dirinya yang menyangkut fisik dan fsikis
ü Konsep diri yang menyangkut materi
ü Konsep diri yang menyangkut sosial
ü Konsep diri yang menyangkut emosi
ü Konsep diri yang menyangkut moral
ü Konseo diri yang menyangkut kignitif
2.
Perkembangan konsep diri
Menurut hurlock membagi konsep diri yaitu:
a.
Konsep diri dasar
Meliputi persepsi mengenai
penampilan,kemampuan,peran status,nilai-nilai kepercyaan dan aspirasi anak
tentang kenyataan dirinya keadaan ini menetap walaupun tempat dan situasi
berbeda.
b.
Konsep diri
sementara
Adalah
diri yang sifatnya sementara saja dijadikan patokan.
c.
Konsep diri
sosial
Konsep
diri sosial timbul berdasarkan cara seseorang mempercayai persepsi orang lain
tentang dirinya tergantung dari perkataan atau perbuatan orang lain terhadap anak.
d.
Konsep diri
yang ideal
Konsep
diri terbentuk dari prinsip seseorang dan keyakinannya oleh apa yang kelak
terjadi pada dirinya dimasa yang akan datang.
3.
Ciri-ciri konsep
diri anak
1.
Senang/suka
berpenampilan menarik dala berpakaian,perasaan dann sebainya
2.
Anak mulai
tekun/giat mulai melakukan aktivitas dimulai dari dirinya sendiri
3.
suka meniru
satu sama lain antar anak dengan orang dewasa
4.
sudah dapat
mengikuti dan mmengerti instruksi/petunjuk sederhana dengan teman sebaya
5.
dapat
mengambar sesuatu objek yang dikenal
6.
menunjukan
kemampuan memahami perasaan orang lain
7.
anak saling
mengajukan pertanyaan dan meminta arti dan maksud dari kata yang belum pernah
ia kenal
8.
senang membuat
sesuatu dengan tangannya dalam bentuk permainan
4.
usaha-usaha guru
untuk mengembangkan konsep diri
beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh sang pendidik sebagai berikut:
1.
lakukan interaksi
dengannya dengan mengunakan bahasa tubuh
2.
beri
kesempatan padanya untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri,tampilanya
dan ekspresinya
3.
ajarkan
ketrampilan yang dipelukan untuk mengasah kemandiriannya
4.
berikan
stimulus,semangat agar ia mau mencoba sesuatu yang baru,baik dalam bentuk
permainan atau benda lainya
5.
berikan pujian
atau penghargaan ketika ia melakukan sesuatu yang baik
6.
guru harus mengajarkan
cara mengatasi kegagalan,rasa takut ketika melakukan sesuatu dan berikan
penguatan tentang kemampuan dirinya
7.
berikan anak
waktu bermain yang banyak,dengan cara
8.
bermain sambil belajar.
thank's buat sumbernya kak...
BalasHapus