:)

Perkenalkan Nama Saya Titin Kusayang,Saya Kuliah di Universitas Negeri Padang. Pernah Bersekolah Di SD 299/III Kumun Mudik, MTsN Model Sungai Penuh, Dan SMAN 4 Sungai Penuh. Semoga Postingan Saya Bermanfaat Untuk Anda.

Senin, 03 Desember 2012

perkembangan konsep diri anak usia dini

1.       Pengertian konsep diri
·         Menurut willson james,gilmore(1997)
Konsep diri adalah pendapat sesorang tentang diri atau pemahaman seseorang tentang dirinya,baik menyangkut dirinya/aslinya yang bersifat materil.

·         Menurut gage dan bliner (1978)
Mengemukakan konsep diri sebagai keseluruhan atau totalitas dan penerapan yang dimiliki seseorang terhadap dirinya,sikap dan seluruh gambaran diri.
·         Menurut penily (1984)
Konsep diri sebagai sistim yang dinamis dan komplek dari keyakinan yang dimiliki seseorang tentang dirinya, termasuk sikap, persaan, kepercayaan, perspesi nilai-nilai dan tingkah laku yang unik dari individu tersebut.
·         Menurut esptein bram (1975)
Konsep diri sebagai pendapat/perasaan seseorang tentang dirinya yang menyangkut fisik dan fsikis
ü  Konsep diri yang menyangkut materi
ü  Konsep diri yang menyangkut sosial
ü  Konsep diri yang menyangkut emosi
ü  Konsep diri yang menyangkut moral
ü  Konseo diri yang menyangkut kignitif

2.       Perkembangan konsep diri

Menurut hurlock membagi konsep diri yaitu:
a.       Konsep diri dasar
Meliputi persepsi mengenai penampilan,kemampuan,peran status,nilai-nilai kepercyaan dan aspirasi anak tentang kenyataan dirinya keadaan ini menetap walaupun tempat dan situasi berbeda.
b.      Konsep diri sementara
Adalah diri yang sifatnya sementara saja dijadikan patokan.
c.       Konsep diri sosial
Konsep diri sosial timbul berdasarkan cara seseorang mempercayai persepsi orang lain tentang dirinya tergantung dari perkataan atau perbuatan orang lain terhadap anak.
d.      Konsep diri yang ideal
Konsep diri terbentuk dari prinsip seseorang dan keyakinannya oleh apa yang kelak terjadi pada dirinya dimasa yang akan datang.

3.       Ciri-ciri konsep diri anak

1.       Senang/suka berpenampilan menarik dala berpakaian,perasaan dann sebainya
2.       Anak mulai tekun/giat mulai melakukan aktivitas dimulai dari dirinya sendiri
3.       suka meniru satu sama lain antar anak dengan orang dewasa
4.       sudah dapat mengikuti dan mmengerti instruksi/petunjuk sederhana dengan teman sebaya
5.       dapat mengambar sesuatu objek yang dikenal
6.       menunjukan kemampuan memahami perasaan orang lain
7.       anak saling mengajukan pertanyaan dan meminta arti dan maksud dari kata yang belum pernah ia kenal
8.       senang membuat sesuatu dengan tangannya dalam bentuk permainan

4.      usaha-usaha guru untuk mengembangkan konsep diri
beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh sang pendidik sebagai berikut:
1.       lakukan interaksi dengannya dengan mengunakan bahasa tubuh
2.       beri kesempatan padanya untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri,tampilanya dan ekspresinya
3.       ajarkan ketrampilan yang dipelukan untuk mengasah kemandiriannya
4.       berikan stimulus,semangat agar ia mau mencoba sesuatu yang baru,baik dalam bentuk permainan atau benda lainya
5.       berikan pujian atau penghargaan ketika ia melakukan sesuatu yang baik
6.       guru harus mengajarkan cara mengatasi kegagalan,rasa takut ketika melakukan sesuatu dan berikan penguatan tentang kemampuan dirinya
7.       berikan anak waktu bermain yang banyak,dengan cara
8.        bermain sambil belajar.

1 komentar: